Berita kami

Pelaksanaan Vaksinasi PMK di Desa Wonodoyo Kecamatan Cepogo Kab. Boyolali

09 September 2022 ARTIKEL

Pemerintah Kabupaten Boyolali melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Bidang Kesehatan Hewan melakukan program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dosis pertama di Desa Wonodoyo Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Tujuan dari vaksinasi adalah untuk membentuk kekebalan/imun tubuh sehingga dapat mengurangi resiko dari paparan virus PMK.

Program vaksinasi PMK terdiri dari dua kali vaksin yaitu vaksin pertama dan revakinasi (booster) dengan jarak waktu 4 minggu dari vaksin pertama. Vaksinasi pertama mulai dilaksanakan pada hari Selasa (30 Agustus 2022) dengan sistem door to door agar tepat sasaran. Vaksinasi dosis pertama ini dilakukan oleh petugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskeswan Ampel yang mengampu empat wilayah kerja meliputi Kecamatan Ampel, Gladagsari, Selo dan Cepogo. Ternak yang diperbolehkan untuk divaksin yaitu sapi yang belum pernah terinfeksi virus PMK dan dimulai dari zona/daerah hijau. Ternak sapi yang tervaksin pada hari ini (30/09/22) yaitu sebanyak 101 dosis terdiri dari sapi perah indukan dan pedet.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi pengobatan dan vaksinasi PMK dapat menghubungi Hotline service PMK melalui WA 0812 2832 0007.

BAGIKAN ARTIKEL INI